Proses Pengolahan Limbah Tinja Jadi Air Bersih -->

Pages

Proses Pengolahan Limbah Tinja Jadi Air Bersih

Konten [Tampil]
Sedotwcmurah.com Direktur Utama PT MJH Lestari Internasional Andri menjelaskan alur proses pengolahan air tinja dari kotor hingga bersih. Awalnya air tinja itu datang dari septic tank yang dibawa dari rumah warga.





Teknologi anak bangsa yang diterapkan ini bernama IPAL ‘PAL-Adrich Tech System’. Alat ini merupakan hasil kerja sama PD PAL Jaya dan PT. MJH Lestari Internasional untuk mewujudkan teknologi pengolahan limbah.

Semua tinja itu didapat dari jasa sedot wc yang berada di wilayah Duri kosambi Jakarta Barat dan Pulo Gebang. yang setiap harinya mengirimkan limbah septictank 80 sampai 100 truk atau sekitar 300 meter kubik. semua tinja yang dibawa truck sedot wc kemudian di olah. dipisahkan kepadatanya dan cairanya.

Tinja yang datang kemudian di alirkan ke screen filter guna menyaring kotoran dari limbah non tinja. semua tinja yang dibawa mobil tinja dipisahkan dan disaring dari pasir, baju,plastik dengan mengunakan alat screen filter. setelah itu tinja dialirkan ke Sump Pit (alat pengolah limbah ).



Limbah tinja yang berada di kolam Sump pit tersebut, diaduk dengan alat supaya tidak mengendap. Setelah itu limbah tinja di alirkan melalui pipa ke chemical reaction tank untuk dicampurkan bahan kimia seperti coagulan dan flockulan. di dalam chemical reaction tank ada flotation unit yang berfungsi untuk mengikat kotoran agar mengambang ke atas sedangankan air bersihnya berada di bawah. dengan begitu air bersih yang berada dibawah mudah untuk dipisahkan.


Pada Flotation unit kotoran yang dapat tersaring adalah 95% sedangkan 5%-nya lagi  dialirkan ke Andrich System yang berada di dalam kontainer. hasil air limbah yang diolah di andrich system tersebut sudah menjadi bersih dan bening aman dipakai untuk menyiram tanaman atapun yang lainya. namun saat ini masih tidak disarankan untuk meminum air tersebut.

Andri membandingkan hasil air limbah yang telah diolah. Limbah tinja yang belum diolah bewarna hitam sedangkan yang sudah diolah berwarna putih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar yang mengandung SPAM dan Link akan kami hapus dan tidak akan ditampilkan. .