jasa sedot wc: Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Septic Tank harga murah bergaransi

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Septic Tank



Septic tank salah satu bagian terpenting dari pembuangan limbah rumah kita, dengan melengkapi rumah kita dengan fasilitas pembuangan limbah kotor yang benar sesuai dengan standar kesehatan, maka kita akan memperoleh rumah yang nyaman dan sehat.

Fungsi septic tank

Septic tank adalah bak penampungan kotoran yang berasal dari kloset atau kamar mandi. biasanya Terletak di sekitar rumah, pada bagian belakang maupun  depan rumah kita , misalnya terletak di bawah garasi rumah, halaman belakang, gudang  atau dibawah tumpukan tanah pada taman depan rumah, yang biasanya ditutupi dengan tanaman-tanaman penghias halaman rumah.

Fungsi utama septick tank sebagai tempat penampungan kotoran dari kloset rumah anda, peresapan kotoran ke tanah, pencegah bau yang tidak sedap yang berasal kotoran manusia selama beberapa waktu yang tidak ditentukan. Jika pembuatan septick tank benar dan sesuai aturan, maka septic tank akan awet tanpa dilakukan penyedotan dalam beberapa tahun.

Jenis dan Macam septic tank

Septic tank umumnya memiliki beberapa jenis, namun jenis yang  dianjurkan, aman dan sering digunakan ada dua jenis, yaitu: jenis tertutup dan jenis terbuka.

Septic tank jenis tertutup, yaitu seluruh bagian atas septic tank ditutup dengan cor beton bertulang dan lantainya dilapisi dengan adukan semen, kecuali pada bagian ruang peresapan. Septic tank jenis tertutup sangat cocok digunakan pada rumah dengan lahan sempit, contohnya di lokasi perumahan.

Septic Tank Tertutup

Sedangkan septic tank dengan jenis terbuka dibagian atas ruang resapan atau limbah cair tidak ditutup dengan cor beton dan dibiarkan terbuka kecuali limbah padat. Septic tank jenis ini biasanya digunakan di kampung-kampung yang masih memiliki lahan yang luas di sekitar rumah.

Septic Tank terbuka



bagaimana mengetahui pembuatan Septic Tank dirumah anda benar atau tidak ? 

untuk hal itu kami telah menyiapkan panduan bagi anda yang hendak membuat septic tank baru dirumah anda. berikut hal yang harus anda ketahui dan siapkan ketika hendak membuat septic tank baru dirumah anda.

perlu Anda ketahui bahwa saluran air pembuangan, saluran air mandi, kloset dan septic tank seharusnya tidak berdekatan dengan sumber air (sumur), jarak ideal adalah > 10 meter. Hal ini untuk menghindari resapan air kotor ke sumber air bersih di rumah anda. karena jika pembuatan septic tank terlalu dekat dengan sumur makan permasalhan yang akan muncul adalah sumber air kita akan tercemar air akan menjadi bau dan keruh, sehingga air tidak bisa lagi dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-sehari.

Untuk membuat septic tank yang aman, dan tidak mudah penuh, serta tidak mencemari lingkungan sekitar rumah berikut beberapa hal yang harus anda ketahui dan siapkan ketikan membuat septic tank baru di rumah anda.

  1. Buat ukuran septic tank sesuai kapasitas penghuni rumah. Semakin banyak penghuni rumah  maka sebaiknya anda juga membuat septic tank berukuran besar, jika tempat tidak memadai, maka solusinya adalah dengan membuat dua buah septic tank berlokasi berbeda. Hal ini berguna agar septic tank tidak gampang penuh, dan tahan lama meski tanpa penyedotan wc.
  2. Pastikan ukuran pipa pembuangan dari WC harus berukuran besar, yaitu 4 inchi,  usahakan jangan banyak belokan atau memakai elbow, agar kotoran yang mengalir dari toilet atau wc dapat keluar dengan lancar bebas hambatan.
  3. Pipa pembuangan harus memiliki kemiringan yang cukup, agar kotoran cepat mengalir ke septic tank ketika di dorong oleh air siraman.
  4. Hal terpenting sediakan saluran udara pada septc tank agar tidak “meledak”, dan juga buat saluran pembuangan air pada ruang resapan septic tank, agar cairan atau air resapan ketika penuh dapat mengalir keluar mengurangi tekanan udara yang tersumbat.
  5. Buatlah galian tanah dengan kedalaman 1,5 meter, lebar 1,3 meter, dan panjang 2,2 meter. usahakan galian harus tegak lurus sehingga mempermudah ketika hendak memasang dinding batu bata.
  6. Jika kondisi air tanah sangat deras (terdapat sumber mata air yang deras),sehingga anda mengalami kesulitan ketika menggali. Tidak apa apa, siapkan beberapa ember digunakan untuk membuang air di bawah galian, sembari melakukan penggalian hingga sedalam 1,5 meter.
  7. Jika galian telah selesai, usahakan secepat mungkin mulai memasang dinding batu bata, dikhawatirkan air akan merembes dan memenuhi lubang galian.
  8. Pada bagian dasar pasang dengan pasangan satu bata, beri alas dengan adukan semen dan pasir. Pasangan berikutnya adalah pola setengah bata Ukuran 2,2 meter dibagi menjadi dua bagian, sehingga menghasilkan penyekat. Ruang pertama berfungsi sebagai penampung limbah padat, ruang kedua berfungsi sebagai penampung cairan limbah. jangan lupa juga pada bagian tengah penyekat diberi lubang kecil agar terdapat ruang resapan.
  9. Dinding dan lantai septic tank sebaiknya diplester kecuali ruangan resapan.
  10. Jika pemasangan batu bata selesai, sisakan juga ruangan sekitar 12 cm dari permukaan tanah untuk cor beton.
  11. Siapkan juga besi behel dengan ukuran 8 mm sebanyak 5 batang, potonglah menjadi seukuran lebar dan panjang septic tank yang akan anda buat, bariskan dan susun dengan jarak 10 cm, kemudian diikat dengan kawat.
  12. Setelah itu siapkan papan pada bagian atas pasangan bata, letakkan anyaman besi tadi, tutup sisi luar dengan papan setebal 10 cm.
  13. Bahan untuk pengecoran yaitu semen, pasir, dan koral. dengan  Perbandingan 1 : 2 : 3. Ketebalan coran maksimal adalah 10 cm. juga beri lubang pada bagian atas ruang limbah cair dan pasang dengan tutup yang terbuat dari pipa PVC. Biasanya dapat dibeli di toko material bangunan.
  14. Tahap berikutnya menyambung semua pipa pipa pembuangan limbah padat dari kloset ke septic tank. kemudian Timbun dengan tanah.
  15. Letak kloset harus lebih tinggi dari septic tank, agar kotoran dapat dengan mudah masuk ke dalam septic tank.
 Itulah hal hal yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan membuat septic tank baru. saya harap dengan informasi yang saya berikan anda dapat memahami tentang cara membuat septic tank yang baik dan benar.

Jika anda memiliki masalah dengan septic tank dirumah anda dan hendak membuat septic tank baru namun tidak memiliki kemampuan atau waktu anda juga dapat menghubungi kami, AEF Jaya Sedot wc juga menerima pesanan dalam pembuatan Septic tank baru maupun penyedotan Wc anda. untuk menghubungi kami silahkan anda langsung saja menelpon kami di nomor 085101736544 untuk Harga anda dapat Mengecek di link berikut ini http://www.sedotwcmurah.com/p/harga.html

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca jika ada penulisan atau hal yang kurang benar bisa anda tuliskan masukan anda di kotak komentar. terimakasih 




Anda telah membaca artikel kami yang berjudul Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Septic Tank. apabila ada yang ingin anda tanyakan tentang layanan atau jasa sedot wc kami anda bisa berkomentar dibawah artikel Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Septic Tank ini jika anda ingin menghubungi jasa sedot wc murah kami bisa telpon langsung ke 085101736544 atau 085854829090.

1 Response to "Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Septic Tank"

  1. Slmat siang ..
    Mohon maaf min numpang tanya
    Ini saya lagi bkin resapan
    Tpi bnyak bgt air nya
    Apakah ini gpp min ??
    Takut ny malah resapan nya nnti gx benar
    Mohon pencerahan ny min trimakasih

    BalasHapus

Komentar yang mengandung SPAM akan kami hapus dan tidak akan ditampilkan. .

Arsip Blog

Label