Cara Memasang Toilet Duduk Yang Baik dan Benar

Secara umum terdapat dua jenis kloset/toilet yg ditinjau dari segi cara penggunaannya waktu akan buang hajat. dua jenis toilet atau kloset tadi ialah kloset duduk dan kloset jongkok. di Indonesia sudah menjadi kebiasaan umum memakai kloset atau toilet jongkok pada WC dan kamar mandi. jikalau di pedesaan biasanya menggunakan WC cemplung atau biasa disebut jamban yg dibangun di atas sungai atau empang.



tetapi pada waktu ini dengan semakin berkembangnya teknologi, kemudahan mencari bahan bangunan serta semakin terbukanya wawasan masyarakat terhadap higienitas toilet dan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh, maka penggunaan ke 2 jenis toilet tersebut mulai banyak digunakan karena masyarakat juga sadar akan kebersihan sungai dan kesehatan lingkungan skitar.

Sebenarnya penggunaan masing-masing jenis kloset atau toilet tadi tergantung di kebiasaan seseorang sejak kecil. tetapi kebiasaan tersebut dapat saja berubah sesuai dengan tingkat pengetahuan seseorang dan tingkat ekonominya. Mengapa saya katakan demikian, memang faktor ini tidak mutlak, tetapi penggunaan kloset atau toilet duduk kebanyakan dipergunakan oleh kalangan ekonomi menengah ke atas. Meski Jika dicermati dari sisi kesehatan ke 2 jenis toilet tersebut masih dalam perdebatan serta penelitian

OK, penulis tidak membahas lebih pada tentang hal di atas, tetapi pada tulisan kali ini hanya akan membahas lebih mendalam perihal cara memasang toilet atau kloset duduk. Pengetahuan in penting bagi kita secara awam, minimal buat menambah pengetahuan dan wawasan teknik sederhana khususnya bagi para aplikator serta teknisi bangunan.

Cara Memasang Toilet/kloset Duduk Yang Benar

Pemasangan kloset atau toilet duduk ialah salah satu bagian penting dari pembuatan kamar mandi terbaru. dengan penjelasan berikut paling tidak Anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah.

baca juga Toilet Jongkok atau Toilet Duduk Manakah yang Lebih Sehat

Hal yg perlu diperhatikan dalam memasang kloset/toilet duduk ialah kamar mandi harus terpasang keramik. Saluran air higienis (pipa suplai) dengan ukuran 1/2 inchi yg berada pada belakang kloset wajib disiapkan. Pipa berukuran 4 inchi sebagai saluran pembuangan harus dipasang dengan bagian ujung pipa sejajar atau rata dengan lantai keramik.

baca juga Cara Memilih Keramik lantai Kamar Mandi Yang benar,

Berikut prosedur Pemasangan toilet duduk yang baik dan benar:

  1. Buka cover pada toilet set dan bacalah petunjuk, dengan begitu anda akan mengetahui jarak dari dinding belakang kloset ke bagian tengah pipa (jika anda memakai merek American jarak Standard biasanya 30,5 centimeter).
  2. Persiapan juga alat yang diperlukan, antara lain: meteran ukur, obeng plus dan obeng minus, Catut atau tang kakaktua, kunci inggris, lem silicon, Bor listrik, gergaji besi,  kunci pipa, kunci 10 dan 12, dynabolt ukuran 10 mm sebanyak 2 buah.jika alat-alat sudah disiapkan kita lanjut ke tahap 3
  3. Jangan lupa untuk mempersiapkan juga lubang pembuangan dan pipa suplai air bersih sebelum melakukan pemasangan toilet duduk
  4. Ukur lubang pengunci bowl (untuk toilet bermerek American Standard berjarak 14,5 cm), tandai dengan menggunakan pensil atau sejenisnya, dan buatlah lubang pada sisi kanan dan sisi kiri dengan jarak tersebut dengan membagi dua titik tengah pipa. Kemudian masukkan baut, kencangkan menggunakan kunci 12, lepaskan mur-nya.  bisa dilihat digambar dibawah ini
  5.  
  6. Berikutnya balik kloset dan pasang wax ring dengan cara menekannya pada bagian sisi lubangnya dan pastikan lengket pada bagian sisi lubang kloset.
  7. Pasang stop kran, T, flexible hose serta jet shower yang berada di bagian belakang kloset. Gunakan kunci inggris atau kunci pipa untuk mengencangkannya.
  8. Jika kloset duduk menggunakan tempat duduk yang memiliki bijet, maka T juga harus dipasang pada bagian belakang juga. Jika kloset dipasang terlebih dahulu ditakutkan akan menyulitkan Anda ketika hendak memasang stop kran.
  9. Selanjutnya Pasangkan kloset yang sudah anda siapkan di atas lubang pipa yang telah dipasang baut pada kedua sisi kanan dan kiri. Masukkan lubang kaki kloset pas pada baut dan jangan lupa pasang juga ring dan mur, kemudian kencangkan dengan kunci ukuran 12 atau sesuaikan dengan mur yang anda pakai.
  10. Pasang alat-alat dalam tangki/tank trim dan memasangnya pada kloset dengan memasang rubber tank terlebih dahulu sebagai pencegah bocor dan dudukan tanki.
  11. Sambungkan flexible hose pada T dan tank trim dan kencangkan dengan memutar drat secukupnya.
  12. Atur juga ketinggian air dengan menyetel Pengatur ketinggian air sesuaikan dengan kebutuhan anda atau dengan selera Anda.
  13. Tahap berikutnya adalah memasang tutup tangki dan tombol  (push button). 
  14. Kemudian memasang seat cover pada kloset.
  15. Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengetesan pada kloset / toilet yang sudah anda pasang, apakah terdapat rembesan air atau kebocoran pada tangki dan flexible hose.
Jika anda mengikuti tahap- tahap diatas dengan teliti pastinya saya bisa menjamin pemasangan toilet duduk di rumah anda adalah baik dan benar. apabila ada kendala yang tidak dapat anda selesaikan sendiri cobalah untuk membicarakanya dengan teman anda atau orang yang anda rasa mampu melakukan pekerjaan memasang toilet duduk dirumah anda.

Dan jika anda juga punya wc yang macet atau buntu bisa juga menghubungi jasa sedot wc kami. profesional dan akhi dalam bidang ini, kami melayani beberapa wilayah daerah seperti gresik, surabaya, lamongan, sidoarjo, dan mojokerto

untuk menghubungi kami anda bisa langsung menelpon ke nomor ini untuk konsultasi langsung masalah wc anda dirumah
HUB 0858 5482 9090 - 085101736544 (bpk Ryan)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar yang mengandung SPAM akan kami hapus dan tidak akan ditampilkan. .